Translate

Wednesday, April 10, 2013

McCormick's Encrypted Note


 




Bulan Agustus 2011 lalu, saya iseng-iseng buka websitenya FBI, terus ga sengaja nemu gambar enchypered-note ini. Karena lumayan tertarik sama cryptanalysis, jadi saya copy gambarnya dan coba buat memecahkan *ciyeeh* . Tapi ternyata susaaah buaaangeett beuddd beudd dueeh *ah lebay*, bahkan sampe sekarang pun gaada yang saya paham dari note itu --"
Info dari websitenya [setelah diterjemahkan] :

03/29/11
Pada tanggal 30 Juni 1999, petugas sheriff di St  Louis, Missouri menemukan mayat Ricky McCormick, yang berusia 41 tahun. Dia dibunuh dan dibuang di lapangan. Satu-satunya petunjuk tentang pembunuhan itu adalah dua catatan enkripsi yang ditemukan di saku celana korban.
Meskipun pekerjaan keras telah dilakukan oleh Cryptanalysis and Racketeering Records Unit (CRRU) kami, dan telah mendapat bantuan dari Asosiasi Kriptogram Amerika, makna dari dua catatan kode tetap menjadi misteri sampai hari ini, dan pembunuh RickyMcCormick belum diadili.


"Kami benar-benar baik pada apa yang telah kita lakukan," kata Kepala CRRU, DanOlson, "tapi kita bisa menggunakan bantuan dengan yang satu ini."
Bahkan, catatan enkripsi Ricky McCormick adalah salah satu kasus teratas yang belum terpecahkan oleh CRRU. "Memecahkan kode," kata Olson, "bisa mengungkapkan keberadaan korban sebelum kematiannya dan bisa mengarah pada solusi dari pembunuhan. Tidak setiap pemecah kode kita tiba di depan pintu kami di bawah situasi seperti itu. "Lebih dari 30 baris kode materi menggunakan berbagai huruf, angka, tanda hubung, dan tanda kurung yang membingungkan. McCormick adalah jebolan SMA, tapi ia mampu membaca dan menulis, dan dikatakan sebagai "street smart." Menurut anggota keluarganya McCormick telah menggunakan catatan enkripsi tersebut sejak ia masih kecil, tapi rupanya tidak ada seorangpun anggota keluarganya yang tahu bagaimana memecahkan kode itu, dan tidak diketahui apakah ada orang lain selain McCormick yang bisa menerjemahkan bahasa rahasianya. Peneliti percaya catatan saku McCormick itu ditulis sampai tiga hari sebelum kematiannya.
Selama bertahun-tahun, sejumlah penguji CRRU yang ahli memecahkan kode dibingungkan oleh catatan McCormick dan menerapkan berbagai teknik analitis untuk mencari jawaban. "Standar rute kriptanalisis tampaknya telah menemui jalan buntu," kata Olson. Cryptanalysts kami memiliki teori yang masuk akal tentang beberapa catatan, tapi sejauh ini, masih belum ada solusi.
Untuk kasus itu ke depannya, penguji perlu sampel lain dari sistem kode McCormick -atau yang serupa- yang mungkin menawarkan konteks untuk catatan misteri atau memungkinkan perbandingan yang berharga untuk dilakukan. Atau, sepatah bukti baru, Olson mengatakan, "Mungkin seseorang dengan satu set mata yang segar akan muncul dengan ide baru yang brilian."

nah, kalo kamu berminat buat memecahkan kode ini, bisa liat info selengkapnya di :
http://www.fbi.gov/news/stories/2011/march/cryptanalysis_032911
http://forms.fbi.gov/code

No comments:

Post a Comment