Translate

Thursday, September 27, 2012

Fenomena Pilar Cahaya

Fenomena Pilar Cahaya begitu terkenal di daerah sekitar kutub dan daerah2 sub tropis apalagi ketika musim dingin tiba, fenomena Pilar Cahaya terbentuk ketika butiran2 kristal es di langit merefleksikan cahaya dari sinar matahari tenggelam ataupun cahaya bulan. Menghasilkan fenomena alam yang begitu indah seperti beberapa gambar pilar cahaya dibawah ini yang diambil oleh para Photograph Profesional.

1. Februari, 2000. Danau Tahoe, California. Jutaan partikel2 es dilangit membiaskan cahaya matahari terbenam menghasilkan pilar cahaya di atas langit danau Tahoe, CA, AS.


[Image: 090219-02-sunset-sun-pillars_big.jpg]

2. Ontario, Januari 2004. Foto-foto Pilar cahaya yang terdiri dari gabungan 3 buah foto panorama ini diambil oleh Lauri Kangas di Ontario kanada. Pada saat pengambilan gambar, suhu di ontario saat itu mencapai minus 24 derajat celcius menjadikan langit2 di Ontario menjadi penuh dengan kristal-kristal es. Cahaya matahari terbenam direfleksikan oleh kristal es tsb menjadi cahaya yang menakjubkan seperti gambar dibawah ini.
[Image: 090219-04-tall-light-pillars_big.jpg]

3. Ath, Belgia, 20 November 2006, Cristal-cristal es di langit belgia pada musim dingin menghasilkan refleksi pilar-pilar cahaya di atas langit belgia.

[Image: 090218-light-pillars-diagram-2.jpg]


Explanatory diagram for light pillars

Penjelasan Les Cowley mengenai pilar2 cahaya di langit belgia pada situsnya http://www.atoptics.co.uk
[Image: 090219-03-alien-light-pillars_big.jpg]

4. Sigulda, Latvia, 28 Desember 2008. Penduduk setempat menyebut fenomena tersebut sebagai kedatangan para Alien, terbentuk akibat kabut2 es pada musim dingin di eropa bercampur dengan kristal2 es dilangit dan merefleksikan cahaya matahari. Warna2 yang berbeda dihasilkan akibat terurainya cahaya matahari oleh kristal2 es. warna2 yang paling dominan muncul menghasilkan pilar cahaya berwarna merah dan putih kebiru-biruan.
[Image: 090219-05-trumpet-light-pillars_big.jpg]


5. Idaho, 26 Januari 2009, Pilar cahaya terlihat di Idaho, AS. Ketika matahari terbenam dan hampir tak terlihat ketika senja, maka sisa-sisa cahaya matahari memancar di kristal es langit. sehingga menghasilkan cahaya ditengah gelapnya senja.

[Image: 090219-01-night-light-pillars_big.jpg]

Itulah 5 foto dari fenomena Pilar cahaya di dunia yang sangat menakjubkan. Pilar2 tersebut dihasilkan oleh kristal2 es yang ada dilangit yang merefleksikan cahaya matahari/bulan ketika malam. sehingga cahaya2 tersebut menghasilkan fenomena pilar-pilar cahaya.

Explanatory diagram for light pillars

Ilustrasi Pilar cahaya oleh Les Cowley pada situsnya http://www.atoptics.co.uk

Pilar-pilar cahaya tersebut adalah murni dari fenomena alam yang terjadi di daerah beriklim sejuk dan dingin karena disana dengan mudahnya uap2 air berubah menjadi kristal es, kristal es tersebutlah yang memantulkan cahaya matahari menjadi fenomena indah tsb.


No comments:

Post a Comment