Translate

Friday, December 28, 2012

Konspirasi Amerika Dibalik Kematian Amelia Earhart

Sampai saat ini misteri dan konspirasi Amerika atas kematian seorang pilot pesawat wanita Amelia Earhart, masih menjadi misteri. Jutaan dolar telah dihabiskan dalam pencarian dan memecahkan misteri kematian tokoh Amelia Earhart sejak tahun 2002. Berbagai teori konspirasi menjadi pembicaraan banyak peneliti saat ini, bahkan dianggap sebagai konspirasi Amerika dalam Perang Dunia II, dan misteri itu tetap masih berlanjut.

Konspirasi Amerika Terhadap Pilot Wanita

Amelia Earhart seorang wanita lahir di Atchison, Kansas, yang belajar terbang diusia 24 tahun. Amelia Earhart wanita pertama yang terbang solo melintasi Samudera Atlantik. Amelia Earhart berangkat terbang ke seluruh dunia pada tahun 1937. Amelia Earhart pertama kali melihat pesawat saat berusia 10 tahun (1908) dan saat itu baru 5 tahun sejak Orville dan Wilbur Wright menerbangkan pesawat pertama di Kitty Hawk.
Ketika Amelia berusia 19 tahun, dia menjadi seorang perawat dan bertugas di sebuah rumah sakit militer. Pada akhir Perang Dunia I pada 1918, Amelia mendaftar di perguruan tinggi untuk menjadi dokter, tapi nasib tak sesuai rencana. Orang tua Amelia baru saja pindah ke California dan Amelia ikut dengan mereka. Ayahnya membawa ke sebuah landasan udara dan Amelia terpesona. Keesokan hari dengan helm dan kacamata, dia naik sebuah pesawat dengan kokpit terbuka dan terbang lebih dari 10 menit di Los Angeles. Setelah penerbangan itu, Amelia tidak ingin menjadi penumpang, cita-citanya ingin menjadi pilot. Pada tahun 1922 Amelia membuat rekor baru, dia menjadi wanita pertama yang terbang pada ketinggian 14.000 kaki.
Pada tahun 1927 Charles A.Lindbergh menjadi penerbang pertama ‘penerbangan solo non-stop‘ melintasi Samudera Atlantik. Amelia melakukan hal yang sama bahkan dalam waktu yang lebih singkat, 14 jam dan 56 menit. Sedikit keluar jalur, Amelia mendarat di sebuah lapangan terbuka di Irlandia Utara. Petualangan berikutnya, Amelia memutuskan bahwa dia akan menjadi wanita pertama yang terbang di seluruh dunia, terbang dengan jarak terpanjang menggunakan khatulistiwa sebagai jalur penerbangan. Amelia membawa navigator Fred Noonan, berangkat dari Los Angeles pada tanggal 21 Mei 1937 dan menuju ke arah timur. Pada tanggal 1 Juni 1937 mereka memulai perjalanan resmi, berangkat dari Miami, Florida.
Pesawat itu berhenti di sepanjang rute dan beristirahat, melakukan pengisian bahan bakar dan perbaikan. Mereka tiba di Lae-Papua Nugini pada 29 Juni, pesawat itu telah terbang sejauh 22.000 mil di atas Samudera Pasifik. Setelah perbaikan diselesaikan, Amelia dan Fred berangkat pada tanggal 2 Juli. Tangki bahan bakar pesawat terisi penuh (1.000 galon) dan cukup untuk melakukan penerbangan sekitar 20 jam. Setelah 19 jam penerbangan, mereka mengirim pesan yang mengatakan bahan bakar habis. Dan 45 menit kemudian, Amelia mengirimkan signal (transmisi) posisi mereka. Baik Amelia Earhart ataupun Fred Noonan tak pernah terdengar lagi.

Konspirasi Amerika Dalam Pencarian Pesawat Amelia Earhart

Sejak tahun 2002, jutaan dolar telah dihabiskan dalam pencarian pesawat Earhart. Dengan simulasi transmisi radio terakhir ke Itasca, para ahli radio telah mempersempit patch 2.000 mil persegi di pulau Howland. Sebuah perusahaan eksplorasi laut telah memindai kedalaman 17.000 kaki dengan sonar. Sejauh ini mereka telah mencari seperempat daerah itu dan tak menemukan apapun.
Beberapa peneliti tidak setuju bahwa mereka kehabisan bahan bakar, mereka yakin Amelia Earhart selamat. Mereka beranggapan bahwa dia tidak pernah mengirimkan signal radio meminta bantuan. Setelah kecelakaan itu, kapal US Coastguard Itasca melakukan pencarian langsung di perairan sekitar pulau Howland tetapi tidak menemukan jejak bangkai pesawat, konspirasi Amerika berperan besar disini.

Saksi Kunci Penangkapan Di Kepulauan Marshall

Pendapat lain beranggapan bahwa dalam konspirasi Amerika, mereka percaya Amelia Earhart dan Fred Noonan mendarat di Jepang, Kepulauan Marshall dan dibawa sebagai tawanan perang. Menurut saksi mata di Kepulauan Marshall, Earhart melakukan pendaratan darurat di dekat karang Atol Mili. Amelia dan Noonan dijemput dengan perahu dan dibawa ke darat. Alfred Capelle (duta besar PBB Kep.Marshall) telah mewawancarai banyak saksi yang mengaku telah melihat dua orang Amerika di penangkaran. Mungkin jawaban paling rinci berasal dari Bilimon Amran, seorang tenaga medis yang mengangkat mereka ke atas kapal laut Jepang untuk mengobati luka-luka dua orang Amerika yang diselamatkan, seorang pria dan seorang wanita yang diduga sebagai Amelia.
Amelia Earhart, konspirasi amerika
Amelia Earhart and Fred Noonan, Los Angeles, May 1937 (Photo: en.wikipedia.org/wiki/Amelia_Earhart)
Banyak saksi mata melihat Amelia dan Noonan di Penjara Garapan di pulau Saipan selama Perang Dunia II, dan mungkin ada bukti. Pada tahun 1944, 7 tahun setelah Earhart hilang, marinir AS mengalahkan pasukan Jepang di Saipan. Seorang pelaut berpikir bahwa dia menemukan bukti penting selama misi. Robert Wallack percaya ia menemukan dokumen pribadi Amelia Earhart di tempat aman (basis militer yang dibom). Dokumen yang disimpan dalam tas kerja, termasuk paspor dan visa Amelia. Jika Wallack masih memiliki dokumen bukti akan menarik, tetapi ia menyerahkannya kepada petugas, tidak pernah terlihat lagi. Para saksi mata dalam menjalankan konspirasi Amerika atas kematian mereka sangat bervariasi. Ada yang mengatakan bahwa mereka dipenggal, yang lain berpendapat bahwa Amelia Earhart meninggal akibat disentri dan Noonan ditembak. Wallack katanya menunjukkan ke situs makam tak bertanda oleh seorang wanita Saipanese yang melihat seorang wanita kulit putih dan seorang pria dimakamkan di sana. Tapi makam lebih pendek dari bukti fisik.
Perwira senior di Angkatan Laut AS Laksamana Chester Nimitz termasuk yang dikutip oleh wartawan mengatakan rumor penangkapan Earhart itu benar. Jika saksi mata menggambarkan Earhart sebagai tawanan perang adalah benar, mungkin menjelaskan sejarah kerahasiaan konspirasi Amerika atas seluruh misteri Amelia Earhart.

Konspirasi Amerika Terhadap Amelia Earhart Sebagai Seorang Mata-Mata (Spy)

Penjelasan lain mengatakan tentang konspirasi Amerika terhadap Amelia sebagai mata-mata. Beberapa berpendapat bahwa itu hal yang kebetulan bahwa Earhart berakhir di wilayah Jepang. Mereka percaya, ia sedang dalam misi dalam membantu Angkatan Laut AS mengumpulkan informasi sebagai intelijen negara dan ‘penerbangan terkenal’ adalah tema yang sempurna. Teori Spy percaya bahwa Amelia Earhart direkrut setelah upaya sebelumnya (keliling dunia) telah gagal. Dia telah menyelesaikan pertandingan pertama, terbang dari California ke Hawaii. Babak kedua akan membawanya melintasi Pasifik dari Honolulu ke pulau Howland tapi pesawat Amelia keluar jalur dan jatuh, Earhart beruntung bisa keluar hidup-hidup. Konspirasi Amerika ini menggambarkan ‘sementara pesawatnya sedang diperbaiki, militer Amerika mengatur waktu untuk menjemputnya’.
Kolonel Rollin Reineck, navigator veteran dari Pasifik dalam Perang Dunia II, telah menghabiskan 30 tahun meneliti misteri Earhart. Ia percaya militer AS menawarkan untuk mengambil alih logistik dan pendanaan bagi Amelia dalam upaya keliling dunia, tapi ada pamrih. Ia percaya bahwa Amelia diperintahkan untuk membuat ‘celah’ di Kepulauan Marshall (sebagai intelijen negara) sehingga angkatan laut bisa datang menyelamatkannya, yang memungkinkan mereka kesempatan untuk meninjau pulau-pulau.
Amelia Earhart membuat perubahan mengejutkan dalam rencana penerbangannya, Reineck percaya itu semua dihasut oleh militer AS. Kali ini dia akan terbang mengelilingi dunia timur, bukan ke barat. Ini berarti, Amelia terbang ke arah angin yang membuat perjalanannya jauh lebih sulit. Terbang ke timur berarti menjalankan konspirasi Amerika & misi intelijen negara yang disisip keladam akhir penerbangan akan menimbulkan sedikit kecurigaan. Earhart sengaja tersesat, menjaga keheningan radio, dan melakukan pendaratan darurat di Kepulauan Marshall. Pencarian Angkatan Laut AS baginya akan menjadi cerita sampul, kapal dan pesawat yang melakukan pengintaian di wilayah Jepang. Tapi konspirasi Amerika dalam misi itu tragis, Amelia Earhart ditangkap sebagai intelijen negara.
Hanya beberapa hari setelah hilangnya Amelia Earhart, Amerika Serikat secara resmi meminta izin Jepang untuk mencari di Kepulauan Marshall, tapi ditolak. Teori Spy percaya bahwa pilot Amelia Earhart didalangi oleh Presiden Franklin D.Roosevelt sebagai salah satu konspirasi Amerika dalam Perang Dunia II. Bagian yang paling kontroversial akhir dari teori ini terletak pada nasib Amelian Earhart. Reineck yakin ia selamat dalam perang dan kembali ke Amerika Serikat dan menjadi seorang ibu rumah tangga di New Jersey, menggunakan nama Irene Bolam. Irene Bolam Craigmile menjadi berita utama pada tahun 1965 setelah pertemuan dengan pilot veteran dan penyidik Amelia (Mayor Joe Gervais).

Hidup Sebagai Irene Bolam

Pada tahun 1970, Gervais dan rekannya, Joe Klaas, menerbitkan kecurigaan mereka dalam sebuah buku ‘Amelia Earhart Lives‘. Irene Bolam marah dengan klaim bahwa ia adalah Amelia Earhart dan menggugat penulis sebesar $1,5 juta. Kasus itu diselesaikan di luar pengadilan. Menurut Klaas, Irene Bolam bisa mendapat $1,5 juta jika ia telah menyerahkan sidik jari untuk membuktikan identitasnya. Ketika dia meninggal pada tahun 1982 tampaknya misteri tidak akan pernah diselesaikan.
Tod Swindell, penulis skenario dan produser profesional, telah menghasilkan karya fotografi forensik yang dipercaya membuktikan teori ini benar. Wanita yang diidentifikasi sebagai Irene Bolam Craigmile dari tahun 1945 sampai tahun 1982 pasti adalah Amelia Earhart. Menggunakan teknik overlay foto, yang biasa digunakan untuk mengidentifikasi mayat. Swindell telah meneliti secara rinci wajah Irene Bolam yang dilapis dengan foto Amelia Earhart. Dia menyatakan bahwa mereka tampaknya kembaran yang sempurna. Kakak Amelia (Muriel Morrissey) menyatakan dengan tegas, bahwa Irene bukan adiknya.
Detektif Kevin Richlin (peneliti kriminal), membuat analisis sendiri dan mencari dissimilarities seperti fitur wajah. Dia menentukan bahwa ada sejumlah dissimilarities tersebut. Amelia punya tahi lalat dan bintik-bintik, Irene tidak. Alis dan garis mulut yang berbeda dan ia menyimpulkan bahwa ini bukan orang yang sama.
Nick Forder terus berpikir bahwa penjelasan yang paling sederhana adalah hal yang paling mungkin, bahwa mereka kehabisan bahan bakar dan jatuh. Elgen juga berfikiran sama, tapi juga berpikir ada yang menutup-nutupi dan bahwa konspirasi Amerika sebenarnya untuk menyembunyikan tragedi dari kesalahan.

No comments:

Post a Comment