Translate

Saturday, January 26, 2013

10 Fenomena Keajaiban Alam yang Membeku

Segala fenomena keajaiban alam yang ada di sekitar kita bisa menjadi suatu pelajaran bagi kita, betapa kecilnya kita di hadapan sang khalik, seluruh alam semesta dan jagad raya ini adalah miliknya. Seperti pada fenomena alam yang membeku. Berikut ini 10 Fenomena Keajaiban Alam yang Membeku

1. Air Terjun Beku
Proses dari air terjun untuk menjadi beku, harus melewati tahap demi tahap.
Dikarenakan arus air yang terus mengalir menjadikannya membutuhkan waktu lama untuk membeku.

Air Terjun Beku


2. Gua Es
Gua es adalah jenis gua alam yang mengandung es dalam jumlah besar. Setidaknya sebagian dari gua harus memiliki suhu dibawah 0° C sepanjang tahun.

Gua Es

3. Cakram Es
Sebuah fenomena langka yang hanya bisa dilihat di negara yang sangat dingin. Para ilmuwan umumnya menganggap bahwa cakram es terbentuk ketika permukaan es mengumpul di tengah pusat air bukannya tepian.

Cakram Es

4. Paku Es
Paku es yang menakjubkan ini umumnya dikenal sebagai Penitentes. Chile adalah tempat bagi daerah pegunungan kasar dari Andes, cuaca yang ekstrim pada ketinggian yang berbeda-beda membuat beberapa formasi es yang menakjubkan.

Paku Es

5. Ambalan Es
Merupakan es yang mengambil segala macam bentuk asimetris dan geometris yang menarik. Adalah pulau Ellesmere yang terkenal akan ambalan es-nya. Tapi sayangnya hal itu berkurang dengan cepat dalam menghadapi pemanasan global. Dan para ilmuwan khawatir bahwa fenomena khusus ini mungkin akan hilang selamanya.

Ambalan Es

6. Bunga Es
Bunga es terbentuk pada lapisan baru, yang tergantung pada kondisi cuaca beku dan disebabkan karena permukaan tanah yang belum ikut membeku.

Bunga Es

7. Gunung Es Bergaris
Gunung es dibentuk oleh lapisan salju yang bereaksi dengan kondisi yang berbeda. Garis-garis itu biasanya terbuat ketika celah dalam lapisan es mengisi bersama air lelehan dan membeku dengan cepat.

Gunung Es Bergaris

8. Gletser
Gletser hanyalah akumulasi salju yang dikemas padat menjadi es selama ribuan bahkan jutaan tahun. Gletser memiliki fungsi penting sebagai regulator ekosistem dan pemasok air, mereka adalah sumber utama air tawar terbesar di bumi. Dan pemanasan planet ini telah menyebabkan penyusutan gletser besar di seluruh dunia dalam beberapa dekade terakhir.

Gletser


9. Serpih Salju
Serpih salju adalah kumpulan kristal es beku yang jatuh melalui atmosfer bumi. Mereka mulai menjadi kristal salju yang berkembang, saat tetesan awan mikroskopis super-dingin menjadi beku.

Serpih Salju

10. Ombak Yang Membekukah?
Meskipun tampak seperti itu, tapi bukanlah sebuah ombak. Melainkan es yang tercipta dari pergerakan glasial yang terbentuk dan terlihat seperti ombak.

Ombak Yang Membekukah?

No comments:

Post a Comment