Translate

Friday, January 11, 2013

Penemuan Fosil Tertua di Pegunungan Cordillera Betica


 

Selasa, 14 Desember 2010 - Fosil conodont, yang sangat langka dan sulit ditemukan, merupakan "alat penting" untuk mengungkap sejarah geologi gunung Bética.

Para peneliti Spanyol telah menemukan fosil Ordovidician conodont, berusia antara 446 dan 444 juta tahun yang lalu, di Mediterania barat. Penemuan vertebrata laut yang sangat primitif ini telah membantu para ilmuwan merekonstruksi palaeogeografi di pegunungan Bética Cordillera. Studi mereka menunjukkan bahwa sistem gunung di selatan Semenanjung Iberia terletak di samping Alpen pada masa itu.
Pada tahun 2006, sekelompok ahli geologi Andalusia menemukan fosil tertua di Bética Cordillera, berasal dari periode Ordovisium akhir antara 446 dan 444 juta tahun yang lalu, di Maláguide Complex, Ardales (Malaga). Ini juga merupakan bukti kuat pertama dari bebatuan Ordovisium dalam wilayah Bética.

“Pentingnya temuan ini tidak hanya berasal dari usia fosil itu, dan fakta bahwa usia bahan yang mereka kandung dimungkinkan untuk ditentukan, tetapi juga dari informasi berharga yang mereka berikan untuk membantu kami merekonstruksi sejarah tektonik, palaeogeografi, dan sejarah geologi Bética Cordillera,” kata Rosario Rodríguez-Cañero, penulis utama studi ini dan juga seorang peneliti di Departemen Stratigrafi dan Paleontologi Universitas Granada.
Penelitian, yang telah dipublikasikan dalam edisi terbaru jurnal Terra Nova, mengatakan bahwa fosil conodont, yang sangat langka dan sulit ditemukan, merupakan “alat penting” untuk mengungkap sejarah geologi gunung Bética dan mempelajari fitur dari lingkungan di mana mereka berkembang, dan sejarah termal batu-batu di mana mereka ditemukan.
Para peneliti menganalisis karakteristik conodont ini dengan membandingkan beberapa spesies tertentu yang berusia sama, yang ditemukan dalam macizo ibérico (sebagian barat Semenanjung Iberia) dan wilayah lainnya di sekitar kawasan tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selama periode Ordovisium akhir, Maláguide Complex tidak ditemukan berada bersama sisa Semenanjung Iberia di sepanjang tepi palaeo-benua Gondwana, “tapi agak berada di lintang yang jauh lebih rendah dan jauh lebih dekat dengan Alpen, berdasarkan fauna Ordovidician conodont yang menunjukkan kesamaan yang jauh lebih dekat dengan fauna di kawasan ini,” kata Rodríguez-Cañero.

Fosil yang kecil dan penting
Conodont adalah spesies kecil, hewan berbentuk belut tanpa tulang belakang, yang panjangnya hanya beberapa puluh milimeter. Mereka menghuni laut selama era Paleozoikum dan menjadi punah pada akhir Trias (sekitar 205 juta tahun yang lalu).
Fosil yang biasanya ditemukan tidak berupa conodont yang lengkap, tapi hanya berupa potongan seukuran kurang dari satu milimeter, dengan komposisi fosfat mirip dengan gigi vertebrata. Di kawasan sefalika, conodont menggunakan ini untuk menangkap dan menggiling makanan mereka.

“Gigi mereka satu-satunya potongan conodont yang termineralisasi. Artinya, gigi mereka umumnya tetap memfosil, meskipun fosil conodont lengkap telah ditemukan di bagian dunia lain,” jelas ahli geologi itu.
Fosil yang ditemukan oleh tim peneliti ini tidak hanya yang tertua di Bética Cordillera, tetapi juga merupakan sisa-sisa Ordovidician conodont yang pertama ditemukan di seluruh Mediterania barat, dari Gibraltar hingga ke selatan Italia.

1 comment:

  1. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini RISWANTO AKIL seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan Kyai. Dimas Kanjeng yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih banyak kepada Kyai. Dimas Kanjeng dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 082312910909 Untuk yg di luar indon telefon di +6282312910909,Atau Kunjugi Website/Situs Padepokan Dimas Kanjeng KLIK DISINI
    saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Kyai. Dimas Kanjeng saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI,
    KEAMPUHAN ZIKIR Kyai. Dimas Kanjeng
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris
    5.Perintah Tuyul
    Dan Masih Banyak Lagi, Kyai. Dimas Kanjeng Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.
    SYARAT SEBAGAI BERIKUT:
    BERJANJI AKAN MEMBANTU SESAMA YANG MEMBUTUHKAN
    BERJANJI TIDAK AKAN SOMBONG DAN SELALU RENDAH HATI
    BERJANJI AKAN MEMULAI HIDUP YANG BARU BERJALAN KE JALAN YANG BENAR,
    BERLUTUT DAN MEYEMBAH KEPADA ALLAH SWT.
    "Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzubika minal jubni wal bukhli wa a'udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali"

    "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan." Kata Abu Umamah radhiyallahu 'anhu: "Setelah membaca do'a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membari Petunjuk." (HR Abu Dawud 4/353)

    PESUGIHAN TANMPA TUMBAL

    PENARIKAN DANA HIBAH

    PENARIKAN UANG MENGUNAKAN MUSTIKA

    ReplyDelete