Translate

Sunday, February 10, 2013

Inkanyamba - Legenda Ular Raksasa Afrika




Air Terjun Howick di Howick,Afrika Selatan dimana hal-hal aneh terjadi. Salah satu tempat wisata di daerah KwaZulu Natal Midlands ditakuti orang zulu dikarenakan roh makhluk raksasa dan misterius bernama Inkanyamba.




Inkanyamba adalah ular legendaris yang dipercaya tinggal di kawasan danau air terjun dibagian utara hutan dekat Pietermaritzburg di air terjun Howick. Suku Zulu percaya bentuknya seperti ular raksasa dengan kepala mirip kuda. Suku disana takut dan memuja makhluk ini. Suku ini memiliki Tradisi mendorong perawan ke air terjun untuk mententramkan amarah makhluk ini. Sekarang tradisi ini dilakukan oleh aktor sebagai hiburan turis.

Legenda

Banyak cerita mengerikan yang tersebar diantara orang Zulu tentang makhluk ini,banyak yang mengatakan ancaman besar Inkanyamba terhadap daerah sekitarnya. Banyak cerita ini yang tersebar disekitar daerah air terjun Howic di KawaZulu,Air terjun curam setinggi 90 meter. Disinilah dipercaya Inkanyamba tinggal. hal yang sudah keramat diantara suku setempat,hanya Sangomas atau dukun tradisional yang bisa mendekati danau itu untuk berdoa,tanpa takut dimakan olehnya. Beberapa mayat pernah ditemukan mengambang disana, terlihat beberapa bagian tubuh telah dimakan,kejadian ini langsung dihubungkan dengan Inkanyamba. Sebuah kelompok yang tidak setuju ini perbuatan Inkanyamba mengira spesies belut raksasa sebagai pelakunya. sesuatu yang berbahaya akan terjadi apabila Inkanyamba keluar dari sarangnya di dalam air.suatu bencana kadang terjadi saat musim panas. Inkanyamba terbang ke langit,membuat badai dan merusak sekitarnya.

Sejak lahir orang zulu diajarkan agar tidak memanggil namanya keras-keras.

Penampakan

Penampakan tentang Inkanyamba terjadi pada tahun 1962, oleh pengawas hutan lindung,Mr. Buthelezi melihat ular raksasa di tepi sungai ketika sedang berjalan sepanjang Sungai Umgein dekat Midmar Dam. makhluk itu meluncur ke dalam air saat dia dan temannya sampai di tempat itu.

lalu ada lagi,Johannes Hlongwane,seorang penjaga Caravan Park dekat air terjun Howick. dan dia berkata melihat Inkanyamba dua kali. Pertama pada tahun 1971 dan 1981. Makhluk itu dikatakan mengangkat kepala dan lehernya sekitar 9 meter dari air.


Teori Ilmiah

Bukti-bukti Ilmiah menghilangkan keberadaan Inkanyamba,beberapa orang beranggapan bahwa Inkanyamba terisnpirasi dari spesies belut besar yang semi-terrestrial. Pernah ada dua pemfoto memfoto seekor makhluk berleher panjang yang dinyatakan hoax.















Foto Inkanyamba yang dikatakan Hoax

Beberapa juga mengatakan orang itu salah mengidentifikasi makhluk yang ternyata belut itu.
teori ini didukung dengan kemiripan ciri-ciri Inkanyamba dengan belut,yang sering ditemukan di sungai dan bendungan. Ada kemungkina para saksi mata melihat belut Anguilla mossambica. Belut yang memiliki panjang 5 meter atau belut tutul madagascan Anguilla marmorata. yang bisa tumbuh hingga 6 meter.








Anguilla mossambica
tersangka penampakan Inkanyamba pertama









Anguilla marmorata tersangka penampakan Inkanyamba kedua


Daerah lain yang dinyatakan Inkanyamba pernah tinggal disana adalah Midmar dam,yang seluas 1300 kilometer persegi, sungai Mkomazi yang jaraknya 70 kilometer dari selatan Howick. dan beberapa bendungan di area Dargle di Midlands. makhluk ini dikatakan suka bermigrasi.

Kesimpulan

Menurut saya keberadaan Inkanyamba ini adalah sebuah ular atau belut raksasa. dikarenakan keseringan saksi mata salah lihat akan sesuatu. nah,tentang foto,menurut saya foto itu lebih mirip lukisan dibanding foto,coba dilihat di air terjun dan "makhluk Inkanyamba".........

biarpun begitu,sampai sekarang belum ada penampakan lagi tentang Inkanyamba. apakah itu salah lihat? atau memang hanya ular atau belut raksasa?

keberadaan makhluk ini masih misterius....... dan sepertinya banyak makhluk misterius afrika seperti mokele-mbembe dan kongamato juga ninki nanka yang senasib dengan makhluk ini yaitu "tak teridentifikasi".

No comments:

Post a Comment