Translate

Saturday, February 2, 2013

Misteri Eye of the Sahara



Struktur Richat, juga dikenal sebagai Mata Sahara (Eye of the Sahara), adalah fitur lingkaran menonjol di gurun Sahara barat-tengah Mauritania dekat Ouadane.



Dikelilingi oleh ribuan mil persegi padang pasir hampir tanpa kehidupan, lingkaran konsentris 40-50 km ini dapat dengan mudah dilihat dari luar angkasa. Fitur menonjol melingkar di gurun Sahara telah menarik perhatian sejak awal misi ruang angkasa karena terlihat seperti mata banteng-raksasa.

Struktur Richat bukan situs dari sebuah kawah meteor kuno, karena banyak orang awalnya menyalahartikan. Lingkaran konsentris ini sebenarnya adalah lapisan sedimen, batuan metamorf, dan batuan beku yang didorong ke atas dalam kubah, antiklin simetris geologi, yang menjulang keatas karena aktivitas magma dari perut bumi. Batuan ini terbentuk sekitar 2,5 miliar tahun lalu sedangkan pusatnya terbentuk sekitar 480 juta tahun lalu.



Awalnya diinterpretasikan sebagai struktur dari dampak asteroid karena luasnya lingkaran, sekarang diperdebatkan sebagai kubah geologi yang sangat simetris dan sangat terkikis. Meskipun banyak penelitian laboratorium, ahli geologi telah menemukan tidak adanya bukti yang kredibel untuk metamorfosis shock atau semua jenis deformasi yang menunjukkan dampak extraterrestrial.

No comments:

Post a Comment