Translate

Friday, November 23, 2012

Apakah Zaman Dulu Lebih Maju dari Zaman Sekarang?



Apakah zaman sekarang Anda pikir lebih maju dari zaman dahulu? Mungkin iya. Tapi mungkin juga tidak setelah Anda membaca artikel ini. Hal ini sangat mungkin mengingat bukti-bukti yang telah ditemukan dan diselidiki para ilmuwan. Silahkan Anda tercengang dan melongo setelah membacanya sendiri.

Penemuan Baterai Dari Baghdad, Iraq
Pada tahun 1930, ahli arkeologi Austria, Dr Wilhem Konig yang melakukan misi penggalian di daerah Khujut Rabula, dekat Baghdad, menemukan suatu obyek aneh tertanam di area itu.

Obyek tersebut terdiri dari silinder tembaga, batang besi serta aspal yang disusun dalam sebuah bekas tanah liat seperti tempayan kecil setinggi 14 cm dan berdiameter 8 cm. Penyelidikan lanjutan mendapati objek aneh itu ternyata berfungsi seperti baterai. Diperkirakan baterai kuno itu sudah berusia 2000 - 50000 tahun yang lalu!

Penemuan menggemparkan itu langsung mematahkan penemuan sejarah baterai sebelumnya. Sejarah baterai diketahui pertama kali ditemukan pada tahun 1800 oleh Count Alessandro Volta.

Penemuan itu juga secara tidak langsung menunjukkan masyarakat purba pada 5000 tahun yang lalu sudah mengenal tenaga elektrik sekaligus menyangsikan Michael Faraday sebagai penemu induksi elektromagnetik dan hukum elektrolisis pada tahun 1831.
Penelitian lebih lanjut mendapati baterai kuno itu mampu menghasilkan tenaga elektrik antara 1.5 volt hingga 2 volt.

Kalkulator Kuno.
Pada tahun 1901, penyelam di perairan pulau Antikythera yang bernama Greece menemukan artifact berusia lebih 2000 tahun dari sebuah reruntuhan di dasar laut. Artifact yang menyerupai jam itu diteliti oleh Derek.J.De Solla Price dan didapati berfungsi sebagai ‘kalkulator’ yang bisa menghitung pergerakan bintang dan planet. Luar biasa bukan?

Reaktor Nuklir Berusia Dua Juta Tahun.
Pada tahun 1972, sebuah reaktor uranium yang diperkirakan berusia dua juta tahun lalu ditemukan di Oklo di Republik Gabon, Afrika. Penelitian reka bentuk dan struktur benda purba itu menunjukkan bahwa benda tersebut mengandung radioaktif sangat besar. Bahkan teknologi reaktor dan metode yang digunakan pada zaman purba itu jauh lebih canggih daripada metode reaktor nuklir digunakan pada zaman modern ini.

Penemuan itu menunjukkan manusia pada dua juta tahun lalu sudah menguasai teknologi atom dan menggunakan sumber nuklir sebagai sumber tenaga untuk digunakan sehari-hari atau bahkan untuk berperang.

Lensa Optik.
Di lokasi yang sama dengan penemuan baterai kuno di Baghdad, Iraq; juga ditemukan lensa optik purba yang usianya dperkirakan 2200 tahun.

Lensa purba sebesar kira-kira dua ibu jari itu dijumpai dengan bagian kacanya sedikit retak. Sebelum penemuan menggemparkan itu, lensa dikatakan pertama kali diciptakan di Eropa pada abad ke-16. Bagaimanapun penemuan lensa kuno itu menunjukkan masyarakat purba sudah lama mengetahui metode membuat lensa serta mengaplikasikannya dalam kehidupan.

Jantung Buatan
Di dada kiri mummy anak lelaki dalam sebuah piramid Mesir, peneliti menemukan jantung buatan. Sejarah ilmu obat-obatan pada masa kini memperlihatkan jantung buatan hanya dihasilkan beberapa puluh tahun lalu. Tetapi dengan adanya penemuan itu menunjukkan jantung buatan sudah dibuat dan dipasang pada 5000 tahun lalu. Hebat bukan?

Robot
Pada zaman pemerintahan Kaisar Mu (976 hingga 922 SM) di China, Ma Daifeng yang dikenal seorang yang hebat dan jenius telah menciptakan aplikasi robotik yang sistem kerjanya menggunakan mekanisme mechanical. Robot yang diciptakan tersebut bisa bernyanyii, menari seperti manusia, dan membawa peralatan kepada tuannya. Selain itu robot tersebut mempunyai organ tubuh seperti tulang, otot, sendi, kulit dan rambut. Ma Daifeng pada zaman itu juga menciptakan alat untuk merekam jarak perjalanan. Yang tak kalah hebatnya si jenius Ma juga menciptakan robot yang mampu bekerja tanpa dikontrol manusia.

Kendaraan
Ukiran purba ditemui di sebuah kuil Kerajaan Mesir Purba di Abydos, Mesir menunjukkan gambar kendaraan sepeeti yang kita temui pada zaman sekarang ini. Padahal ukiran tersebut diteliti dan diperkirakan dibuat lebih dari 3000 tahun yang lalu. Gambar kendaraan yang jelas kelihatan adalah helikopter, kapal selam, kapal boat dan pesawat terbang. Pada tahun 1898, di sebuah makam kuno berusia kira-kira 2200 tahun di Saqquara, Mesir, juga pernah ditemukan replika pesawat yang formatnya mirip dengan pesawat terbang modern yang bisa kita temukan sekarang.

Saya berusaha mencari gambar tentang semua itu di sana - sini tapi belum dapat juga. Semoga informasi singkat ini berguna untuk menambah pengetahuan Anda.

No comments:

Post a Comment