Translate

Wednesday, November 21, 2012

Sungai Merah Yangtze

Sungai Yangtze Berubah Warna Jadi Merah




Sebagian dari sungai terpanjang di Cina tiba-tiba berubah warna jadi menyerupai jus tomat. Pejabat resmi mengatakan mereka tidak tahu penyebabnya.

Penduduk di barat daya kota Chongqing pertama melihat noda yang menyebar di "sungai emas" itu pada 6 September.



Meski warna merah darah itu terpusat di Chongqing, salah satu sentra kawasan industri terbesar di Cina barat daya, warna ini juga terlihat di beberapa titik lain sepanjang sungai, menurut ABC News.

Tim investigasi belum menemukan sebabnya, namun harian Telegraph melaporkan bahwa pejabat lingkungan mempertimbangkan kemungkinan polusi industri dan partikel sedimen dari banjir yang baru terjadi sebagai sumber warna tersebut.

Salah satu penjelasan alami yang bisa dihapuskan dari kemungkinan kejadian adalah mikroorganisme berwarna, menurut Emily Stanley, profesor limnologi (yang mempelajari sungai) dari University of Wisconsin.



"Saat air berwarna merah, hal pertama yang dipikirkan orang adalah kemungkinan 'red tide' (fenomena mekarnya ganggang sehingga menimbulkan warna merah), namun ganggang yang menyebabkan 'red tide' hidup di lautan, bukan jenis yang hidup di sungai. Jadi sangat, sangat tidak mungkin ini adalah fenomena yang berhubungan dengan ganggang," kata stanley.

Kadang-kadang sungai bisa berubah merah karena alasan biologis, namun menurut Stanley, kadang hal ini terjadi bertepatan dengan bakteri berwarna yang datang bersamaan dengan air berkadar oksigen lebih rendah dari biasanya. Sungai terus-terusan berubah, bercampur dan bereaksi terhadap udara di atasnya, sehingga sangat jarang air sungai bisa kekurangan oksigen yang kemudian menghasilkan warna merah.

Setelah melihat beberapa gambar mengejutkan dari merahnya warna sungai di Chongqing, Stanley menebak bahwa sebabnya adalah manusia.

"Ini sepertinya fenomena polusi," kata dia. "Air yang berubah merah dengan sangat cepat terjadi karena orang membuang zat pewarna ke dalamnya."

Pembuangan pewarna industri adalah penyebab berubahnya warna sungai lain di Cina, Jian, menjadi ungu gelap, Desember lalu. Tim pelacak menemukan sumbernya, sebuah pabrik kimia yang secara ilegal membuat zat pewarna merah untuk pembungkus kembang api.

Meski begitu, Stanley tetap membuka peluang buat penyebab lain yang kini sedang diteliti: aliran sungai yang membawa sedimen tanah liat merah.

"Cina sangat terkenal dengan kawasan yang memiliki bukit-bukit curam dan banyak penggunaan lahan yang mempromosikan erosi tanah, sehingga banyak tanah yang masuk ke sungai-sungai," kata dia. "Mungkin saja ada tanah liat merah masuk ke sungai, tidak berbeda dengan masuknya zat pewarna merah dalam dosis besar ke dalamnya. Tapi jika itu yang terjadi, maka harus ada badai besar atau tanah liat dalam jumlah banyak masuk ke sistem sungai."

Meski begitu, melihat lagi ke Yangtze, Stanley tetap bilang, "Sepertinya ini berasal dari industri."


1 comment:

  1. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini RISWANTO AKIL seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan Kyai. Dimas Kanjeng yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih banyak kepada Kyai. Dimas Kanjeng dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 082312910909 Untuk yg di luar indon telefon di +6282312910909,Atau Kunjugi Website/Situs Padepokan Dimas Kanjeng KLIK DISINI
    saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Kyai. Dimas Kanjeng saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI,
    KEAMPUHAN ZIKIR Kyai. Dimas Kanjeng
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris
    5.Perintah Tuyul
    Dan Masih Banyak Lagi, Kyai. Dimas Kanjeng Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.
    SYARAT SEBAGAI BERIKUT:
    BERJANJI AKAN MEMBANTU SESAMA YANG MEMBUTUHKAN
    BERJANJI TIDAK AKAN SOMBONG DAN SELALU RENDAH HATI
    BERJANJI AKAN MEMULAI HIDUP YANG BARU BERJALAN KE JALAN YANG BENAR,
    BERLUTUT DAN MEYEMBAH KEPADA ALLAH SWT.
    "Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzubika minal jubni wal bukhli wa a'udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali"

    "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan." Kata Abu Umamah radhiyallahu 'anhu: "Setelah membaca do'a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membari Petunjuk." (HR Abu Dawud 4/353)

    PESUGIHAN TANMPA TUMBAL

    PENARIKAN DANA HIBAH

    PENARIKAN UANG MENGUNAKAN MUSTIKA

    ReplyDelete