Translate

Saturday, November 10, 2012

Argus Panoptes, Mitologi Yunani


Argus Panoptes(ργος Πανόπτης), nama mahluk ini berartimelihat segalanya”, mahluk ini memiliki seratus mata yang tersebar diseluruh tubuhnya.
Pada saat saya ingin mencari info tentang mahluk yang satu ini saya tidak dapat membayangkan, seperti apa rupa mahluk ini. Namun pada saat saya menemukan gambar yang menceritakan mahluk ini, ternyata wujudnya berbeda dari apa yang saya bayangkan.



Ternyata mahluk tersebut digambarkan berupa orang pada jaman yunani.
Cerita dibalik gambar (yang saya rasa) guci tersebut menceritakan bahwa pada saat itu ia (Argus) diperintahkan Hera untuk menjaga Io yang diubah menjadi sapi oleh Zeus dikarenakan Hera ingin menjauhkannya dari Zeus. Dengan seratus mata yang tersebar diseluruh tubuhnya tidak memungkinkan Zeus dapat mengambil Io tanpa sepengetahuan Argus. Ketika Argus tertidur ia menyisakan dua mata untuk tetap mengawasi. Zeus kemudian mengutus putranya Hermes


Menurut mitologi, Hermes menyamar menjadi gembala dan menidurkan Argus dengan permainan musiknya. Kemudian Hermes membunuh Argus yang tertidur sehingga Io dapat terbebas. Setelah Argus mati Hera mengambil matanya dan meletakkan-nya diekor meraknya.




Sampai tulisan ini di-post-kan, saya masih tidak mengerti apa alasan Argus mesti dibunuh, bukankah kalau Argus tertidur Io juga bisa dibebaskan? Tapi ya biarlah, mitologi tetaplah menjadi mitologi, yang penting kita tetap dapat menikmati ceritanya. Apakah para pembaca juga setuju?

No comments:

Post a Comment