Translate

Thursday, November 22, 2012

Cliff Palace, Pemukiman Unik di Dalam Gua


Tempat ini pertama kali ditemukan pada tahun 1888 oleh Charlie Mason dan RichadWetill. Lokasi yang terletak di sebuah tebing jurang yang berbatu dibarat daya Colorado. Mirip sebuah gua berukuran sangat besar di bagian dalam dinding karang. Di bagian dalam gua ini tampak sebuah bangunan seperti istana. Ini adalah kota Mesa Verde. Saat ini biasa disebut Cliff Palace. Sesuai dengan kondisi tempatnya yang mendatar. Panjangnya sekitar 20 mil dan lebarnya sekitar 18 mil. Tingginya sekitar 2000 kaki. Lebih tinggi dari wilayah yang mengelilinginya.
Ke arah selatan, Mesa Verde dibatasi oleh sekitar 20 tebing yang terdiri dari sekitar 5000 reruntuhan bangunan Indian. Dari semua bangunan itu, cliff palace merupakan situs terbesar.


Para ahli arkeolog meyakini bahwa suku pribumi amerika yang membangun cliff palace tiba ditempat ini sekitar setahun SM. Diperkirakan mereka hidup di tempat ini samapi sekitar tahun 1200-an SM.
Seperti kota ini dibangun dengan alasan keamanan. Gua Cliff Palace ini memang cukup luas. Dalamnya mencapai 100 kaki dengan lebar 300 kaki. Lokasinya memberikan perlindungan dari terik matahari, hujan salju dan tentu saja dari musuh.
Cliff Palace memiliki lebih dari 200 ruangan. Di beberapa bagian ada yang terdiri dari tiga tingkat. Kemudian dihuni oleh sekitar 400 orang. Walopun bertempat tinggal di dalam gua, penduduknya tetap menggarap lahan pertanian di dalam gua.
Konon, sekitar tahun 1280 SM, suku Indian tiba-tiba pergi meninggalkan kota ini. Alasannya diperkirakan karena datangnya musim kering yang berkepanjangan. Memaksa mereka untuk berpindah tempat.
Beberapa perlengkapan keseharian masih bisa ditemukan di ruangan-ruangan tadi. Kemungkinan penduduknya berencana untuk bembali lagi ketika musim kering berakhir. Tapi nyatanya mereka tidak pernah kembali lagi ke Cliff palace. Yang tertinggal hanya kesunyian Mesa Verde.

No comments:

Post a Comment